S1 Desain Grafis Kelas Karyawan: Program Studi S1 Desain Grafis adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Sains Indonesia dengan keterangan sebagai berikut:
PROGRAM STUDI : S1 DESAIN GRAFIS
Peringkat Akreditasi : Baik
MASA STUDI:
a. Lulusan D3/Politeknik/Akademi dan Sederajat:
- Masa Studi : 3 - 4 Semester (1,5 - 2 Tahun)
- Beban Studi (Jumlah sks yang harus ditempuh) : 42 - 72 sks
- Jumlah SKS yang diakui / setarakan : 104 - 106 SKS
b. Lulusan SMU/SMK atau yang Sederajat:
- Masa Studi : 8 - 10 Semester (4 - 5 Tahun)
- Beban Studi (Jumlah sks yang harus ditempuh) : 144 sks
Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar
WAKTU KULIAH
Waktu kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai berikut:
- Kelas Sabtu Pagi: Jam 07.00 – 14.30 WIB + E-learning
- Kelas Sabtu Siang: Jam 14.30 – 22.00 WIB + E-learning
- Kelas Malam: Senin – Jumat: Jam 19.00 – 21.30 WIB + E-Learning
- Kelas Shift: Jadwal Kuliah Fleksibel
E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester
ALAMAT KAMPUS
Jl. Akses Tol No. 50 Gandasari, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat 17530
BIAYA KULIAH DAN PENDAFTARAN
Untuk informasi Biaya Kuliah dan Pendaftaran KLIK DISINI
PROGRAM KELAS REGULER
Untuk Program Kelas Reguler KLIK DISINI
PROGRAM STUDI S1 DESAIN GRAFIS
Pada Program Studi Desain Grafis Universitas Sains Indonesia, Anda akan fokus mempelajari ilmu desain terkait posisi pekerjaan sebagai Desain Grafis Spesialis dan Multi Media Designer. Anda akan mempelajari desain grafis yang memadukan kreatifitas gambar, ilustrasi, tulisan, garis, dan elemen visual lainnya dalam suatu karya multi media.
Gambaran Program Studi Desain Grafis
Progam Studi Desain Grafis di Universitas Sains Indonesia dirancang untuk mendukung era Digital Economy, dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia berbasis e-commerce. E-commerce membutuhkan sarana komunikasi yang efektif dengan memadukan elemen visual sebagai sarana komunikasi antara produsen dan konsumen. Fokus Desain Grafis USI pada pekerjaan Desain Grafis Spesialis dan Multi Media Designer untuk memastikan alumni mempunyai kompetensi baik pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang desain untuk menghasilkan karya multimedia sesuai kebutuhan pasar yang memadukan kreatifitas, penguasaan software, dan prinsip desain.
Profile Lulusan Desain Grafis
Lulusan dari Program Studi Desain Grafis Universitas Sains Indonesia dirancang dapat menjadi tenaga professional dalam industry multimedia untuk memastikan sebuah proses bisnis karya multimedia yang memadukan kebutuhan konsumen dengan kratifitas dan penguasaan ilmu dan prinsip desain. Dua jenis pekerjaan yang menjadi fokus tujuan pembelajaran Desain Grafis Universitas Sains Indonesia adalah:
- Desain Grafis Spesialist (identitas visual, packaging, ilustrasi, lingkungan, user interface).
- Multi Media Designer (website, video, desain grafis, animasi, konten lainnya untuk berbagai jenis media)
Kompetensi Lulusan Desain Grafis
Kompetensi Umum
1. Designer yang mempunyai kepribadian yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung nilai-nilai kejujuran, disiplin dalam berkehidupan, menghargai nilai-nilai kemanusiaan, serta prinsip-prinsip keadilan yang tercermin dalam Pancasila.
2. Designer yang mempunyai kemampuan Profesional Global dengan integrasi disiplin ilmu. Berjiwa nasional yang berwawasan global yang selalu mengembangkan dirinya dengan pemahaman keilmuan yang komprehensif sesuai kemajuan teknologi dalam design, dan keragaman budaya dan Bahasa (Diversity, Working Attitude dan Global Competency)
Kompetensi Khusus
- Mendemontrasikan kreatifitas dan keahlian komposisi dan tipograsi serta keahlian ilustrasi dan menggambar untuk penyampaian pesan kepada audien yang dituju secara efektif.
- Membuat grafik visual menggunakan perangkat lunak computer untuk mengkomunikasikan pesan tertentu secara menarik dan tepat sasaran.
- Mampu memfasilitasi brainstorming dengan client/user dan memberikan masukan serta mengarahkan desain yang akan dibuat sesuai tujuan dan target audien.
- Merancang animasi untuk keperluan tampilan presentasi dan event yang menarik.
- Menggunakan software animasi, alat bantu perancangan (design tool) serta perekaman audio untuk menghasilkan rekaman suara dan tampilan visual yang secara baik untuk menyampaikan pesan kepada audien.
KURIKULUM S1 DESAIN GRAFIS
Semester 1 |
|
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
USI101 |
Pendidikan Agama |
2 |
2 |
USI102 |
Pancasila |
2 |
3 |
USI103 |
Bahasa Inggris 1 |
3 |
4 |
USI104 |
Kewirausahaan 1 |
3 |
5 |
GRA101 |
Rupa Dasar 1 |
3 |
6 |
GRA102 |
Gambar Organis |
3 |
7 |
GRA103 |
Gambar Struktural |
3 |
Total SKS |
19 |
Semester 2 |
|
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
USI201 |
Kewarganegaraan |
2 |
2 |
USI202 |
Bahasa Indonesia |
2 |
3 |
GRA201 |
Komputer Grafis 1 |
3 |
4 |
GRA202 |
Grafis Dasar |
3 |
5 |
GRA203 |
Rupa Dasar 2 |
3 |
6 |
USI203 |
AI dan Big Data |
3 |
7 |
GRA204 |
Komputer Grafis 2 |
3 |
Total SKS |
19 |
Semester 3 |
|
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
USI301 |
Statistik dan Probabilitas |
3 |
2 |
GRA301 |
Grafis Informasi |
3 |
3 |
GRA302 |
Ilustrasi Dasar |
3 |
4 |
GRA303 |
Tipografi Dasar |
3 |
5 |
GRA304 |
Fotografi Dasar |
3 |
6 |
GRA305 |
Narasi Visual |
3 |
7 |
GRA306 |
Teknik Cetak |
3 |
Total SKS |
21 |
Semester 4 |
|
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
GRA401 |
Grafis Identitas |
3 |
2 |
GRA402 |
Grafis Trimatra |
3 |
3 |
GRA403 |
Ilustrasi Media |
3 |
4 |
GRA404 |
Tipografi Desain |
3 |
5 |
GRA405 |
Fotografi Desain |
3 |
6 |
GRA406 |
Tinjauan DKV |
3 |
7 |
GRA407 |
Grafis Persuasi |
3 |
Total SKS |
21 |
Semester 5 |
|
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
GRA501 |
Presentasi & Portofolio |
3 |
2 |
GRA502 |
Fotografi Media |
3 |
3 |
GRA503 |
Gambar Anatomi |
3 |
4 |
USI302 |
Industri 5.0 dan Society 5.0 |
3 |
5 |
GRA504 |
Olah Pesan |
3 |
6 |
GRA505 |
Grafis proyek 1 |
3 |
7 |
FIK501 |
Branding & New Media |
3 |
Total SKS |
21 |
Semester 6 (MBKM) |
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
USI601 |
Metodologi Penelitian |
3 |
2 |
USI602 |
Kewirausahaan 2 |
3 |
3 |
USI603 |
Bahasa Inggris 2 |
|
3 |
GRA601 |
Wacana Desain |
3 |
4 |
GRA602 |
Grafis Proyek 2 |
3 |
5 |
GRA603 |
Studi Kelayakan Bisnis |
3 |
6 |
GRA604 |
Desain & Lingkungan (KKL) |
2 |
7 |
GRA605 |
Manajemen Sumber Daya Informasi |
2 |
Total SKS |
19 |
Semester 7 (MBKM) |
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
USI702 |
Kerja Praktek |
3 |
2 |
GRA701 |
Manajemen Event |
3 |
3 |
GRA702 |
Promosi Digital |
3 |
4 |
GRA703 |
Video Production |
3 |
5 |
GRA704 |
INternational Conference |
3 |
6 |
USI703 |
Kewirausahaan 3/ Bahasa Inggris 3 |
3 |
7 |
USI704 |
Bahasa Inggris 3 |
|
Total SKS |
18 |
Semester 8 (MBKM) |
|
No |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
1 |
USI801 |
Tugas Akhir |
6 |
Total SKS |
6 |
TOTAL SKS : 144
DOSEN PENGAJAR
- Harys Kristanto, S.I.Kom., M.I.Kom.
- Umban Adi Jaya, S.Pd., M.M.
- Herry Sumardiyanto, S.T., M.T.
- Silviana Windasari, B.Sc., S.T., M.T.
- Elis Yulianti, S.I. Kom., M.I.Kom.
- Novi Hidayat, S.Psi., M.Psi.
- Mochamad Afrizal Maulana, SE., MM
- Imron Rizki Maulana, S.Kom., M.Kom.
- Mulfi Sandi Yuda, S.AK., M.SI
- Galih Raspati, S.IP., M.M.
- Tri Sanatha Wahyu Akbar, S.E., M.M.
- Riani Winarni, S.E., M.M.
- Muhammad Panca Prana Mustaqim Sinaga S.H., M.H.
- Zahra Malinda Putri, S.H., M.H.
- Yolandita Angga Reza, S.Pd., M.Pd.
- Hilda Sri Rahayu, S.I.Kom., M.I.Kom.
- Alfiya Rokhmah, S.T., M.T.
FASILITAS
- Laboratorium Teknik
- Laboratorium Hukum
- Laboratorium Komputer
- Perpustakaan
- Pusat Bimbingan Karir
- Pusat Layanan Psikologi
- Studio Podcast
- Studio Foto
- Studio Grafika
- Lapangan Olah Raga
- Masjid
- Cafetaria