Pendaftaran Beasiswa KIP di USI Bekasi

Pendaftaran Beasiswa KIP di USI Bekasi

Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah program beasiswa khusus calon mahasiswa yang kurang mampu. Program ini merupakan program beasiswa murni dari pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Sains Indonesia berpartisipasi menyalurkan dan membina penerima beasiswa KIP Kuliah untuk mencerahkan kehidupan bangsa melalui program studi yang ada di Universitas Sains Indonesia.

Setiap mahasiswa penerima beasiswa mendapat Beasiswa Uang Kuliah Secara Gratis dan Biaya Hidup per bulan. Program beasiswa diberikan selama proses perkuliahan normal 8 (delapan) semester. Penerima beasiswa diharuskan untuk berkomitmen menyelesaikan dan mempertahankan prestasi selama masa studi.

INFORMASI PENDAFTARAN

Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah bisa Mendaftar Secara Online atau bisa langsung datang ke Kampus Universitas Sains Indonesia. 

Pendaftaran KIP Kuliah pada 01 sd. 31 Agustus 2025. Pelaksanaan Tes setiap hari Sabtu.

Daftar segera karena kuota terbatas. Seluruh proses rekrutasi beasiswa KIP Kuliah tidak dipungut biaya atau gratis.

PERSYARATAN

- Mengisi Form Pendaftaran
- Melampirkan KTP calon mahasiswa dan orang tua
- Melampirkan Kartu Keluarga
- Melampirkan Surat KIP/KKS atau SKTM
- Melampirkan Surat Keterangan Penghasilan
- Pas Foto Berwarna 3×4 (3 lembar)
- Foto rumah/keluarga/ruang dapur
- Piagam/Sertifikat yang pernah dicapai
- Foto copy Ijazah

ALUR PENDAFTARAN

1. Pendafataran dan Pengumpulan Berkas (01 sd. 31 Agustus 2025)
Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah bisa Mendaftar Secara Online atau bisa langsung datang ke Kampus Universitas Sains Indonesia

2. Seleksi Berkas (04 Agustus 2025)
Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah diharuskan untuk memberikan seluruh persyaratan sesuai dengan apa yang diminta dan panitia akan melakukan verifikasi terhadap dokumen tersebut

3. Tes Online/Offline
Pelaksanaan tes akan diumumkan melalui grup whatsapp.
Setelah lolos uji verifikasi berkas. Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah mengikuti test secara online/offline dengan menggunakan Google Form

4. Tes Wawancara
Tes wawancara akan dilaksanakan setelah tes tulis.

Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah dijadwalkan untuk melakukan test wawancara dengan dosen Universitas Sains Indonesia atau juga panitia dengan tujuan keberminatan dan juga komitmen kuliah

5. Pengumuman (31 Agustus 2025)
Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur Beasiswa KIP Kuliah mengumumkan nama-nama penerima Beasiswa KIP Kuliah lewat Google Meet dan diumumkan di website sains.ac.id dan media sosial Universitas Sains Idnonesia

6. Tanda Tangan Kontrak Kuliah
Nama-nama Penerima Beasiswa KIP Kuliah harus datang ke Kampus Universitas Sains Indonesia untuk tanda tangan kontrak dan siap menyetujui segala tata tertib dan aturan yang berlaku.

PENTING

- Pastikan semua dokumen yang dilampirkan adalah dokumen asli atau fotokopi yang dilegalisir.
- Perhatikan batas waktu pendaftaran yang telah ditetapkan oleh panitia KIP Kuliah.
- Verifikasi data dan dokumen akan dilakukan oleh pihak Perguruan Tinggi setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima.

Tanya Jawab KIP Kuliah

Seandainya tidak punya KIP (Kartu Indonesia Pintar), bagaimana?

Boleh menggunakan KIS (Kartu Indonesia Sejahtera) atau juga membuat surat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang dikeluarkan oleh RT atau RW.

Bagaimana cara mengurus surat penghasilan apabila berwiraswasta?

Caranya cukup dengan datang ke RT atau RW dengan isi penghasilan dari anda sendiri, RT atau RW cukup tanda tangan sebagai mengetahui saja.

Ijazah belum keluar dari sekolah, boleh dengan yang lain?

Ya, silahkan melampirkan Surat Keterangan Lulus dari sekolah.
 

Apakah bisa untuk Kelas Karyawan?

Tidak bisa, Beasiswa KIP hanya untuk Kelas Reguler

Dalam persyaratan, ada seleksi, bagaimana seleksi tersebut?
 
Ada 3 tahapan seleksi, yakni: 1.Seleksi berkas atau administratif, 2.Seleksi Tes Tertulis (mengukur kemampuan secara umum program studi yang diambil, 3.Tes wawancara, untuk mengetahui keberminatan dan komitmen dalam kuliah.

SILAHKAN BERTANYA

INFORMASI TERBARU

Pendaftaran Mahasiswa Baru USI Bekasi Tahun 2025-2026

Pendaftaran Mahasiswa Baru USI Bekasi Tahun 2025-2026

Berikut kami sampaikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Sains Indonesia USI Bekasi Tahun 2025-2026 sebagai berikut:1. PROGRAM REGULER a. Jadwal Pendaftaran Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Sains Indonesia (USI) Tahun Akademik 2025/2026 adalah sebagai berikut: Gelombang 1: 01 Oktober - 31 Desember 2024 Gelombang 2: 01 Januari - 31 Maret 2025 Gelombang 3: 01 April - 30 Juni 2025 Gelombang 4: 01 Juli - 20 September 2025 b. Biaya Pendaftaran Biaya Pendaftaran adalah sebesar: Rp. 200.000 c. Kuliah Perdana Kuliah Perdana atau Awal Kuliah adalah: 06 Oktober 2025 Catatan: Biaya Pendaftaran Gratis bagi yang mendaftar di Gelombang 1Informasi Pendaftaran selengkapnya di https://pmb.sains.ac.id2. PROGRAM KELAS KARYAWANPendaftaran Mahasiswa Baru Program Kelas Karyawan Universitas Sains Indonesia sebagai berikut:a. Biaya Pendaftaran Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru adalah: Uang Pendaftaran Rp. 200.000 Pendaftaran dapat di lakukan secara online KLIK DISINI b. Jadwal PendaftaranJadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru, Yaitu: Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru, Yaitu: Gelombang I : 28 April – 7 Juni 2025 Gelombang II : 9 Juni - 19 Juli 2025 Gelombang III: 21 Juli - 6 September 2025 c. Waktu Pendaftaran - Senin - Sabtu: Jam 09.00 - 20.00 WIB d. Tempat Pendaftaran Ruang PMB Kelas Karyawan: Jl. Akses Tol No. 50 Gandasari, Kec. Cibitung, Kabupaten. Bekasi, Jawa Barat 17530 e. Pendaftaran Di Kantor AndaUntuk memudahkan anda mendaftar, maka kami melayani pendaftaran di kantor anda dengan mengirimkan petugas kami ke kantor anda. Layanan ini adalah Gratis, tidak ada biaya tambahan. Ingin mendaftar di kantor anda KLIK DISINI f. Syarat Pendaftaran Pendaftaran mahasiswa baru dilakukan ditempat pendaftaran dengan cara sebagai berikut: Membayar Biaya Pendaftaran Mengisi Formulir Pendaftaran Mengisi Form Surat Jadwal Pembayaran Angsuran Kredit Biaya Pendidikan Menyerahkan Berkas Pendaftaran. Berkas Pendaftaran adalah: Fotocopy KTP 1 lembar Fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar Foto Ukuran 3 x 4 = 2 lembar Untuk Lulusan SMU/SMK/Paket C /sederajat: Fotocopy Ijazah dan di legalisir 3 lembar Fotocopy SKHUN dan di legalisir 3 lembar Untuk Lulusan D3/Politeknik/Akademi/sederajat: Fotocopy Ijazah dan di legalisir 3 lembar Fotocopy Transkip Nilai dan di legalisir 3 lembar Terdaftar di Forlapdikti status lulus Catatan:Jika Ijazah dan Transkrip nilai belum dilegalisir maka dapat menunjukan Ijazah dan Transkrip Nilai yang asli pada saat pendaftaran.Informasi Selengkapnya di https://kk.sains.ac.id

Lihat selengkapnya

HUBUNGI KAMI


PERMINTAAN BROSUR


PENDAFTARAN ONLINE


FOLLOW INSTAGRAM


DOWNLOAD BROSUR


IKUTI SALURAN WA KAMI


ALAMAT KAMPUS
Jl. Akses Tol No. 50 Gandasari, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat 17530
INFO WA 24 JAM : 081252224460
TELP : 081214142714, 087880042042